➠ Jual Boiler Steam dan Thermal Oil Heater di Indonesia !
Jual Water Tube Steam Boiler 1

Menghitung Consumsi Bahan Bakar Steam Boiler

Cara Menghitung Consumsi Bahan Bakar Steam Boiler

Boiler atau ketel uap adalah suatu alat berbentuk bejana tertutup yang digunakan untuk menghasilkan steam. Steam diperoleh dengan memanaskan bejana yang berisi air dengan bahan bakar. Umumnya boiler memakai bahan bakar cair (residu, solar), padat (batu bara), atau gas (LPG, CNG, PGN). Namun beberapa kasus mengenai perasional boiler membutuhkan bahan bakar yang cukup banyak. Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pembelian bahan bakar tersebut menjadi sangat tinggi. Sehingga usaha–usaha penghematan biaya operasional perlu dilakukan untuk meminimalkan pengeluaran atau untuk mengurangi nilai Cost per day.

Berbagai usaha dilakukan untuk menghemat biaya nulai pembelian bahan bakar, diantaranya dengan penambahan komponen untuk memperbesar efisiensi boiler dan penggantian bahan bakar dari minyak solar (HSD) menjadi natural gas (LPG). Dengan anggapan efisiensi yang sama, akan dibahas perbandingan perhitungan biaya yang diperlukan oleh boiler berbahan bakar solar dengan boiler berbahan bakar gas untuk menghasilkan steam output yang sama.

Berikut perbandingan penggunaan bahan bakar solar dengan gas jenis LPG pada mesin steam boiler. Sebelum mulai penghitungan untuk sekedar pengenalan nilai kalori dari suatu bahan bakar dipasaran yaitu untuk solar memiliki nila kalori 9200 kalori/kg sedangkan Gas jenis LPG memiliki nilai kalori 11200 kalori/kg. Sehingga dari data tersebut dapat kita hitungan dengan contoh Steam Boiler kapasitas 1Ton/h.

1ton (1000kg) = 640.000 kcal
Sehingga dapat kita gunakan rumus :

Secara Volume :

  • 1. Bahan Bakar Solar
    Consumtion = Kap. Boiler : Nilai kalori per kg BB.
    = 640.000 kcal : 9200
    = 69.5 kg/h
  • 2. Bahan Bakar Gas LPG
    Consumtion = Kap. Boiler : Nilai kalori per kg BB.
    = 640.000 kcal : 11200
    = 57,2 Nm3/h (41kg/h)

Secara Cost :
Asumsi harga bahan bakar Industri pada saat ini (September 2018) untuk BB Solar IDR 7500/ltr dan untuk BB Gas LPG IDR 14.000/kg.

Sehingga 69.5 atau dibulatkan menjadi 70kg x 7800 = IDR 525.000/h, Sedangkan untuk Cost penggunaan steam boiler bahan bakar Gas LPG yaitu 41kg x 14.000 = IDR 574.000/h

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa untuk sebuah Steam boiler dengan kapasitas 1Ton/h menggunakan bahan bakar Solar membutuhkan supply bahan bakar Max.69,5kg/h sedangkan Steam Boiler yang menggunakan bahan bakar Gas LPG membutuhkan supply bahan bakar max. 57.2 Nm3/h atau 41kg/h. Sehingga kesimpulanya dari segi Volume untuk penggunaan Bahan Bakar Solar lebih boros dibanding penggunaan bahan bakar Gas LPG, namun jika dari segi Cost mengikuti harga Bahan Bakar Indisutri pada saat ini penggunaan bahan bakar Solar lebih rendah costnya dibanding penggunaan bahan bakar LPG.

Baik diatas sudah kami jelaskan mengenai penggunaan konsumsi bahan bakaar serta membandingkan nilai cost serta menghitung kebutuhan bahan bakar pada Steam Boiler, untuk mengatasi kasus seperti ini alangkah baiknya para pelaku usaha lebih jeli mengenai perkembangan harga bahan bakar Industri, agar untuk menghindari pembekaan nilai cost untuk keperluan pengoprasian Steam Boiler. Saran dari gunakan Burner steam boiler yang beroprasi menggunakan bahan bakar Ganda. PT Indira Dwi Mitra menyediakn pilihan bagi customer yaitu salah satu dari produk steam boiler kami dapat beroprasi menggunakan bahan bakar gas dan solar secara bergantian. Disini anda dapat memilih bahan bakar utam yang akan digunakan pada saat steam boiler beroprasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*